Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi di SD

Tags

Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi di SD

Pengertian Berfikir tingkat tinggi 
Berfikir tingkat tinggi merupakan kemampuan berfikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite) 

Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi di SD
Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi di SD
Apa yang dimaksud berfikir? 
  • Menemukan 
  • Menganalisis 
  • Mencipta 
  • Merefleksi 
  • Beragumen 

Thinking is NOT : 
  • Knowing 
  • Remembering 
  • Repeating 
BACA JUGA: panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK di Sekolah Dasar
Berfikir tingkat tinggi : 
• Critical thinking & Problem Solving : 
Keterampilan yang sangat esensial pada abad ke -21 
• Critical thinking dapat dilatih berbasis pembelajaran di kelas 
• Critical problem solving mencakup : 
- Menganalisis situasi yang tidak familiar 
- Mengevaluasi strategi pemecahan masalah 
- Menciptakan metode baru pemecahan masalah 

Difficulity is NOT same as HOT

Mengetahui dari arti kata yang jarang digunakan mungkin sulit tetapi ini bukannya HOT kecuali melibatkan proses bernalar (seperti mencari arti kata konteks/stimulus).

Berfikir tingkat tinggi == meminimalkan aspek ingatan atau pengetahuan Penekanannya : 
o Transfer satu konsep ke konsep lainnya 
o Memproses dan menerapkan informasi 
o Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda 
o Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah 
o Menelaah ide dan informasi secara kritis


Semoga materi Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi dapat dimanfaatkan dalam menyusun soal bapak dan ibu semuanya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon