Mengenal macam macam golongan dan tingkatan dalam gerakan pramuka

Tags

ngomongin pramuka nih,, udah pada tahu belum kalo dalam pramuka ada beberapa tingkatan yang di golongkan sesuai usia dan tingkatannya???
hmm.. nah bagi kalian yang belum tahu..kakak kasih tau deh ,hhehe

dalam pramuka ,terdapat tingkatan yang di sesuaikan dengan dengan umur dan keahlian.
tingkatan tersebut sebagai berikut:

1. Siaga








Siaga adalah sebutan bagi anggota pramuka yang memiliki rentang usia 7-10 tahun. Biasanya sih anak SD kelas1-3,. Satuan terkecil dalam golongan dalam golongan siaga biasanya disebut Barung. setiap beberapa barung dihimpun dalam satu satuan besar yang dinamakan perindukan.satu barung biasanya diisi 6-10 orang anggota pramuka  siaga dan dipimpin oleh seorang pemimpin Barung atau Pinrung. Dalam golongan siaga , ada tiga tingkatan yang di bedakan sesuai dengan syarat kecakapan umum(SKU) yang wajib dipenuhi oleh seorang pramuka siaga. Tingkatan tersebut  antara lain Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata.


2. Penggalang


Penggalang merupakan pramuka yang memiliki rentang usia 11-15 tahun. Usia ini  biasanya paling banyak dikalangan SD kelas 4 sampai SMP  kelas 9. golongan ini merupakan golongan pramuka setelah siaga.dalam golongan penggalang dilaksanakan sistem terpisah dimana pramuka penggalang putri dipisah dengan pramuka penggalan putra . setiap anggota penggalang biasanya dikelompokan  dalam satu kesatuan kecil yang disebut regu. setiap regu memiliki nama yang berbeda satu sama lain. Regu putra biasanya mengambil nama hewan, sedangkan regu putri  biasanya menggunakan nama bunga sebagai identitas mereka.
Pramuka penggalang digolongkan dalam 4 tingkatan , yaitu penggalang ramu ,penggalang Rakit , penggalang Terap, dan penggalang Garuda.sama seperti Siaga, tingkatan tersebut bisa di capai secara berturut-turut setelah seorang  pramuka penggalang menyelesaikan pencapaian SKU.


3.Penegak







Penegak adalah anggota pramuka yang memiliki rentang usia 16 sampai 20 tahun . penegak biasanya merupakan anggota pramuka yang telah menginjak bangku kelas 10 sma hingga perguruan tinggi . Satuan terkecil pramuka penegak biasanya disebut sangga yang idealnya diisi 6 sampai 8 orang penegak. Dalam golongan penegak, ada dua tingkatan yang bisa dicapai . tingkatan -tingkatan tersebut adalah penegak bantara dan penegak laksana sebagai tingkatan tertinggi.
Namun apabila seorang pramuka penegak laksana belum mencapai SKU dalam tingkatan penegak bantara , pramuka tersebut akan mendapatkan titel sebagai penegak tamu.


 4.Pandega

Hasil gambar untuk logo pandega pramuka

Pandega merupakan golongan pramuka setelah penegak.Anggota pramuka ini merupakan anggota pamuka yang berusia antara 21-25 tahun. Pramuka pandega memiliki jenis kegiatan yang sama dengan pramuka penegak. pembinaan pramuka pandega dilakukan mulai dari tingkat gugus depan dalam satuan yang disebut Racana,dan di tingkat Kwartir dapat mengikuti satuan karya dan Dewan kerja.




Nah itulah beberapa penjelasan mengenai golongan serta tingkatan dalam pramuka.di ingat ya ..jangan sampai lupa bahkan gk tahu.... jangan sampai dibilang kopra.. alias kurang pramuka,,, hehe oke

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon