PEMUTAKHIRAN DATA GURU CALON PESERTA PPG DALAM JABATAN TAHUN 2022

 

Dalam rangka pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2022, Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan melakukan pemutakhiran data calon peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2022.

Sehubungan dengan itu, kami sampaikan beberapa informasi sebagai berikut.

  1. Data yang perlu dimutakhirkan yaitu:
  2. Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir melalui laman verval PTK (https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id);
  3. Riwayat pendidikan formal mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan terakhir serta riwayat karir guru mulai dari pertama kali mengajar melalui aplikasi dapodik sekolah; dan
  4. Status kepegawaian dan jenis PTK melalui aplikasi dapodik dinas.
  5. Batas waktu pemutakhiran data dimaksud adalah tanggal 30 Januari 2022 pukul 23.59 WIB.
  6. Informasi lengkap terkait tata cara pemutakhiran data dapat diakses melalui laman  https://dapo.kemdikbud.go.id.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami sampaikan terima kasih.

Pendaftaran dan Seleksi Administrasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022

 Pendaftaran dan Seleksi Administrasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022

 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan membuka pendaftaran dan seleksi administrasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan untuk pelaksanaan tahun 2022.

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan hormat kami sampaikan informasi terkait dengan persiapan pendaftaran dan seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 sebagai berikut.



 

 

FAQ Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 dapat diakses melalui tautan ini.

 

100 Soal PPG Guru TK tahun 2018 Lengkap

100 Soal PPG Guru TK tahun 2018 Lengkap

100 Soal PPG Guru TK tahun 2018 Lengkap - Bagi Pendidik sebagai peserta Pretest PPG ada baiknya untuk menggunakan waktu luang untuk berlatih menjawab Soal soal persiapan ujian PPG 2018 sesuai kompetensi pedagogik, jangan lupa gunakan kesempatan ini sebaik mungkin. Nah, bagi Anda yang berminat memiliki contoh soal PPG semua jenjang ini, maka silakan diunduh di bawah postingan ini.
100 Soal PPG Guru TK tahun 2018 Lengkap
100 Soal PPG Guru TK tahun 2018 Lengkap
Adapun tahapan - tahapan seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 yaitu:
  1. Langkah awal adalah buka terlebih dahulu laman: https://paspor-demo.simpkb.id
  2. Siapkan username dan kata sandi yang kemudian akan diarahkan untuk mendaftar dengan berbagai ketentuan serta pengisian qiesioner, serta cetak undangan.
  3. Pemberitahuan di aplikasi SIM PKB, peserta mengisi form isian, dngan menentukan bidang studi yang akan diikuti sertakan PPG  dalam jabatan 2018 dan mengunggah Ijazah S1
  4. Setelah mendaftar, data akan diverifikasi oleh LPMP untuk ditolak atau dijadikan calon peserta seleksi PPG 2018
  5. Peserta seleksi PPG 2018 diwajibkan untk mengikuti ujian seleksi (mulai tanggal 25, lokasi menyusul akan diinfokan GTK)
  6. Bila lolos seleksi, baru GTK pilah untuk diundang pelaksanaan PPG di tahun 2018
  7. Pendataan ini hanya dilakukan dari tanggal 1 - 20 November 2017. Dalam tahapan yang ada di tahun 2017 ini hanya merupakan seleksi guru-guru mana saja yang layak mengikuti PPG 2018. Jika tidak layak, maka menunggu pendataan kembali pada tahun depan.
Untuk mengukur dan menilai kompetensi guru pada umumnya berupa soal-soal pedagogik dan profesional (bidang studi) yang dikembangkan dari permendiknas nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.

Sebagai contoh awal bagi peserta PPG Guru TK Tahun 2018, berikut ini kami siapkan link downloadnya, silahkan dipilih sesuai dengan masing-masing kebutuhan, serta kami lengkapi pula Kisi-Kisi PPG tahun 2018, yang dapat dipergunakan sebagai bahan perbandingan antara soal yang kami sajikan dengan kisi-kisi soalnya.
Demikian semoga materi 100 Soal PPG Guru TK tahun 2018 Lengkap ini dapat membantu guru-guru TK maupun PAUD dalam menempuh PPG Tahun 2018

Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG

Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG 

Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG - Portofolio, PLPG merupakan salah satu cara atau langkah untuk seorang guru memperoleh tunjangan sertifikasi, namun dengan catatan guru tersebut telah memiliki jenjang ijazah S-1.


Langkah berikutnya adalah guru mendaftarkan melalui SIM PKB yang terlebih dahulu mengikuti PKG online dengan nilai yang telah ditentukan pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.


Menyikapi materi saat ini telah kami bagikan link download yang dapat dipergunakan untuk menuju kesuksesan pelaksaan PLPG bapak dan ibu semuanya.


Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG
Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG 
Berikut Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG 


Semoga Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG  bermanfaat

RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi

RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi

RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi - Bapak dan ibu guru selamat jumpa lagi dengan admin Documen Guru yang selalu berbagi dokumen pendidikan dan kemudahan serta kelengkapan administrasi bapak dan ibu sekalian. Dan untuk melanjutkan berbagi saat ini telah kami persiapkan materi RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi dengan salah satu contohnya di bawah ini.
RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi
RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah/Madrasah
:
MI
Mata Pelajaran
:
Akidah Akhlak
Kelas/Semester
:
II/1
Materi Pokok
:
Kalimat Thayyibah (Hamdalah)
Alokasi Waktu
:
2 Jp

A.  KOMPETENSI INTI

KI-1:
Menerima dan menjalankan ajaran  agama yang dianutnya.
KI-2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,  teman dan guru
KI-3:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara  mengamati, menanya dan  mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang   dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1 Menyakini Allah SWT melalui kalimat thayyibah(Hamdalah).
3.1Mengetahui kalimat thayyibah (Hamdalah).
            3.1.1 Menjelaskan arti kalimat Thayyibah   (Hamdalah)
3.1.2 Menjelaskan waktu yang tepat mengucapkan  kalimat Thayyibah (Hamdalah)
3.1.3 Menyebutkan manfaat mengucapkan kalimat   Thayyibah (Hamdalah)
4.1Melafalkan kalimat thayyibah(Hamdalah).
            4.1.1Melafalkan kalimat toyyibah (Hamdalah)
4.1.2 Menulis bunyi kalimat thayyibah (Hamdalah)

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Melalui pemberian uswah,peserta didik dapat menunjukkan sikap meyakini Allah melalui kalimat thayyibah (Hamdalah)
  2. Melalui pengamatan dan pemberian contoh, peserta didik dapat membiasakan mengucap kalimat thayyibah (Hamdalah) dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan syar’i 
  3. Melalui ceramah dan tanyajawab , peserta didik dapat menjelaskan arti kalimat thayyibah (Hamdalah) denga tepat
  4. Melalui diskusi kelompok,peserta didik dapat menjelaskan waktu yang tepat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  5. Melalui inkuiri (menggali, menemukan, merumuskan) dan resitasi (penugasan), peserta didik dapat/mampu menyebutkan manfaat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  6. Melalui Drill, peserta didik dapat melafalkan kalimat thayyibah (Hamdalah)dengan baik dan benar.

RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi

D.MATERI PEMBELAJARAN
  • Ucapan alhamdulillah ( اْلحَمْــدُ لَله) disebut bacaan tahmid
  • Lafaz alhamdulillah ( اْلحَمْــدُ لَله) artinya segala puji bagi Allah
  • Lafaz Alhamdulillah ( اْلحَمْــدُ لَله) diucapkan ketika menyelesaikan suatu   pekerjaan dan ketika mendapat nikmat dari Allah

E. METODE PEMBELAJARAN 

Pendekatan scientific
Metode: Uswah, pengamatan, ceramah, tanyajawab, inkuiri, resitasi, dan Drill

F.MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
  • Media: kaligrafi, video, laptop, LCD
  • Alat/Bahan: kertas karton, spidol
  • Sumber Pembelajaran: Buku paket, lingkungan alam sekitar, pengalaman siswa, internet.

G.LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

a. Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
  • Guru memulai pembelalajaran dengan dan doa bersama
  • Guru memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi dan tempat duduk
  • Guru menyapa peserta didik dengan menanyakan kabar  atau  kesehatan kepada peserta didik
  • Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan singkat
  • Guru mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik melalui senam otak/nyanyi
  • Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang akan dicapai
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan selama proses pembelajaran
  • Guru membentuk kelompok diskusi
b. Kegiatan Inti ( 50 menit)

·  Mengamati
  • Peserta didik mengamatigambar dalam buku teks
  • Peserta didik menyimakpenjelasan guru tentang makna dan manfaat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Peserta didik membaca waktu yang tepat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan gubahan dari lagu anak-anak naik-naik ke puncak gunung.

Sgala puji bagimu Allah
Atas sgala nikmatmu 2 x
Setlah solat,awal akhir doa
Jangan lupa ucapkan
Setlah makan setlah belajar
Mari ucap hamdalah
·  Menanya
  • Melalui stimulus guru, peserta didik menanyakan tentang sebab mengucapkan mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Peserta didik memberi umpan balik tentang manfaat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Peserta didik diminta mengemukakan isi gambar secara bergantian.
·   Eksplorasi/eksperimen
  • Peserta didik melalui kelompoknya, berdiskusi tentang lafal mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah) dan manfaat membacanya
  • Masing-masing kelompok menggali makna kalimat thayyibah (Hamdalah) dari sumber lain

·  Mengasosiasi
  • Masing-masing kelompok merumuskan makna, manfaat dan waktu yang tepat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Masing-masing kelompok membuat peta konsep tentang kalimat thayyibah (Hamdalah)

·      Mengkomunikasikan
  • Secara bergantian, masing-masing kelompok menempelkan hasil peta konsep dilanjutkan dengan mempresentasikanhasil diskusinya

c. Penutup ( 10 menit):
  • Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
  • Guru mengajak peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
  • Guru mengadakan tes tulis
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
  • Guru memberikan pesan-pesan moral kepada peserta didik
  • Guru mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan

H .Penilaian
1.Penilaian diri (Sikap Spiritual)
No
Uraian
ya
tidak
1
Saya yakin dengan mengucap hamdalah kita akan disayang Allah


2
Saya yakin mengucap hamdalah akan mendapat pahala


3
Dengan mengucap alhamdulillah saya yakin hati menjadi tenang


4
Saya yakin dengan ucapan alhamdulillah maka Allah akan menambah nikmat kepada kita



Skor  ya : 2,5

Tidak  : 0 
skor nilai  =  perolehan nilai x 4
  Skor maksimal

2. Penilaian Pengetahuan dengan tes tulis
Soal
  1. Ketika mendapat nikmat mengucapkan ….
  2. Selesai makan membaca…
  3. Alhamdulillah artinya segala puji bagi …
  4. Bunyi lafal tahmid adalah …
  5. Sebaik-baik do`a adalah bacaan ....

Kunci Jawaban
  1. Alhamdulillah
  2. Alhamdulillah
  3. Allah
  4. Alhamdulillah
  5. Alhamdulillah

Pedoman pensekoran
Setiap soal memiliki nilai 20
Skor maksimal  5 x 20 = 100
skor nilai  =  perolehan nilai x 4
  Skor maksimal
3.Penilaian sikap Ketrampilan
No
Uraian
ya
tidak
1
Setelah bekerja aku mengucapkan  اَلْحَمْدُ لِلّهِ


2
Selesai belajar aku mengucapkan اَلْحَمْدُ لِلّهِ


3
Setelah selesai makan  aku mengucapkan اَلْحَمْدُ لِلّهِ


4
Setelah bangun tidur aku mengucapkan اَلْحَمْدُ لِلّهِ


Skor  ya : 2,5

Tidak  : 0 
skor nilai  =  perolehan nilai x 4
  Skor maksimal

Selengkapnya tentang RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi silahkan download di bawah ini:


Semoga materi RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi amat sangat bermanfaat.

Terima kasih telah berkunjung semoga materi yang anda butuhkan sesuai dengan apa yang telah kami bagikan ini, dan apabila kurang sesuai silahkan diperbaiki kembali, Mohon maaf yang sebesar-besarnya.

RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi

RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi

RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi - Kurikulum 2013 juga diberlakukan bagi sekolah Madrasah, misalnya MI, MTs, dan MA, sehingga dalam menyusun administrasi pembelajarannyapun juga terdapat perbedaan dan juga akan bertambah banyak dalam membuat/menyusun administrasi pembelajarannya.
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 ini kami khususkan bagi jenjang satuan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI), sehingga bagi guru-guru madrasah perlu dipahami secara seksama.

Perangkat pembelajaran RPP Akidah Akhlak yang kami bagikan ini lengkap mulai dari semester 1 dan semester 2. File/dokumen yang telah kami bagikan ini telah disusun dengan format wors dan telah dikemas tanpa menggunakan paswods. dengan berbagai kemudahan ini dimaksudkan untuk memudahkan anda dalam menggunakan file ini dalam proses pelaksanan pembelajaran di kelas akan berjalan dengan lancar. File yang berhasil anda download nantinya telah terbagi  menjadi 2 (dua) semester yaitu; semester 1 dan semester 2.

Link download RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi terdapat di bawah ini.


Demikian semoga materi RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi bermanfaat untuk melengkapi berbagai administrasi bapak dan ibu semua.

Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk mendapatkan materi-materi yang telah kami bagikan pada blog ini.